Logo Windows 8

Logo Windows 8
Logo Windows 8

Minggu, 12 Mei 2013

Cara memperbaiki komputer yang lambat, lemot, lelet


Cara Memperbaiki Komputer yang Lambat, Lemot, Lelet
Mengalami komputer yang loadingnya lambat, lemot atau lelet pasti membuat jengkel. Untuk membuka satu file atau program saja harus menunggu lama, padalah mungkin sangat butuhkannya. Jika terjadi terus menerus dalam waktu yang lama, pemilik akan berfikir komputer tersebut mengalami kerusakan, harus di service atau mungkin sudah tidak bisa dipakai lagi.
                                      
Komputer yang anda miliki loadingnya lambat, jangan cepat berpikir kerusakan yang terjadi pada komputer parah, sehingga tidak bisa mengatasinya sendiri. Pada postingan ini saya akan share cara memperbaiki komputer yang lambat, agar kecepatan loading komputer kembali meningkat. Perlu diperhatikan cara-cara ini dimaksudkan untuk digunakan dalam urutan, jangan dibolak-balik. Kuncinya adalah melakukan yang paling sederhana dan paling mudah. Apa yang akan Anda lakukan disini tidak membahayakan, anda bisa menghentikan proses ini tanpa menyebabkan kerusakan, dan di luar ruang lingkup forum Windows, pilihan lain adalah mintalah bantuan dari orang yang Anda kenal baik. Cara-cara untuk memperbaiki komputer lambat (Mempercepat Loading Komputer) :

1. Pastikan Hardware Anda
Mustahil bisa untuk mempercepat komputer, walau sudah mencoba berbagai cara, jika mainboard misalnya hanya mendukung Pentium 3. Jadi syarat pertama adalah hardware harus memungkinkan untuk lari kencang.
2. Bersihkan Desktop Anda
File yang banyak berserakan di desktop secara signifikan walaupun kecil akan mempengaruhi kinerja komputer. Jadi simpanlah file pada tempatnya. File yang terletak pada desktop tersiman pada drive C yang umumnya untuk sistem, sehingga memperlambat sistem.
3. Scan System Windows Anda untuk mengecek kesalahan
Sebuah sistem operasi adalah kumpulan file yang melakukan fungsi yang berbeda. Hal ini dimungkinkan, dari waktu ke waktu, bahwa satu atau lebih file-file sistem telah berubah atau menjadi rusak. Jika hal ini terjadi, kecepatan sistem Anda bisa berkurang. Dengan menggunakan utilitas yang disebut ” System File Checking”, dia akan memeriksa file-file dengan benar masalah bisa ditemukan.
4. Scan Virus, Spyware dan Adware
Virus adalah program kecil yang jahat yang menyebabkan masalah baik besar dan kecil bagi pengguna. Spyware dan Adware adalah program yang dibuat oleh perusahaan untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang pelanggan, biasanya tidak berbahaya. Namun jika berada dalam memori komputer dan akan memperlambatnya. Scanning berkala dan penghapusan Virus, Spyware dan Adware merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kinerja komputer.
5. Uninstall Program yang tidak digunakan
Ketika program terinstal, akan menciptakan hubungan antara program dan sistem operasi. Bahkan jika Anda tidak menggunakan program-program ini, mereka dapat memperlambat sistem anda. Jika Anda memiliki disk instalasi program asli atau file, menghapus program ini akan membebaskan ruang pada komputer Anda dan dapat mempercepat kinerja sistem Anda.
6. Mengatur Efek Visual ke posisi Best Performance
Jika Anda tidak memiliki cukup memori operasi (lihat nomor 1 di atas), efek ini dapat memperlambat komputer Anda. Menyesuaikan atau mengurangi efek visual dapat membuat perbedaan. Untuk mempercepat Vista di komputer tertentu Anda dapat menonaktifkan fitur dan fungsi yang tidak digunakan.
7. Jangan jalankan suatu Programs secara otomatis saat Start Up.
Program menggunakan operasi memori (RAM, juga disebut sumber daya sistem). Kecuali Anda selalu menggunakan suatu program, Anda dapat menjaga mereka dari loading pada startup Windows. Tetapi jika jarang digunakan lebih baik non aktifkan saja dari auto start. Caranya adalah klik [Start] lalu pilih [Run] untuk XP lalu ketik msconfig.exe lalu [Enter]. Untuk Vista cukup ketik msconfig lalu [Enter]. Kemudian klik tab [Start Up] dan lihatlah mana saja program yang sangat jarang digunakan hapuslah tanda centangnya.
8. Defragment Hard Drive Anda (Setelah Anda mencoba segala sesuatu yang lain)
Semakin banyak informasi dan program yang Anda miliki di komputer Anda, semakin besar kemungkinan bahwa Windows telah menempatkan bagian-bagian file yang sama di lokasi yang berbeda pada hard drive Anda. Ini mungkin melakukan hal ini untuk ratusan file dan program, tergantung pada seberapa banyak ruang yang tersedia. Defragmenting hard drive tempat semua informasi untuk setiap file dalam satu tempat. Hasilnya adalah komputer lebih cepat.

Jadi untuk memperbaiki komputer yang lambat bukanlah perkerjaan yang susah dilakukan asal  mau belajar dan mencoba.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar